Sambutan Hangat PA Kab. Malang untuk Tim Verlap Kemenpan RB
Selasa, 18 Oktober 2022, Pengadilan Agama Kabupaten Malang mendapatkan kunjungan Tim observasi lapangan evaluasi 5 Kementerian/Lembaga Khusus Pelayanan Publik di Provinsi Jawa Timur dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia dalam rangka Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP). Tim Kemenpan RB terdiri dari Asisten Deputi Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat – Insan Fahmi, Analis Kebijakan Madya – Emida Suparti, Analis Kebijakan Pertama – Sinta Nurfitriyani dan Analis Kebijakan Pertama – Edwin Fauzi. Tim Kemenpan RB tiba di PA Kab. Malang pukul 13.30 WIB dan disambut langsung oleh Ketua PA Kab. Malang – Dr. H. Suhartono, S.Ag., S.H., M.H., Wakil Ketua PA Kab. Malang – Dr. Hj. Nurul Maulidah, S.Ag., M.H., Panitera PA Kab. Malang – Drs. H. Badawi Asyhari, S.H., M.H., Sekretaris PA Kab. Malang – H. Maulana Musa Sugih Alam, S.H. beserta seluruh Aparatur PA Kab. Malang.
Tim Kemenpan RB disambut dengan yel-yel PA Kab. Malang
Tim Kemenpan RB disambut hangat di lobby PA Kab. Malang dengan yel-yel PA Kab. Malang oleh seluruh Aparatur PA Kab. Malang. Setelah acara penyambutan oleh seluruh Aparatur PA Kab. Malang, dilanjutkan dengan pembukaan di ruang Media Center oleh Ketua PA Kab. Malang dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Tim Kemenpan RB. “PEKPPP ini merupakan amanah publik kepada pemerintah untuk memperbaiki pelayanan public dengan mendengarkan suara masyarakat. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan publik sehingga kedepannya lebih mudah mengimplementasikan kebijakan karena ada trust issue tersebut”, ungkap Asisten Deputi Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat Kemenpan RB – Insan Fahmi.
Presentasi oleh Ketua PA Kab. Malang – Dr. H. Suhartono, S.Ag., S.H., M.H.
Kegiatan dilanjutkan dengan acara inti yaitu presentasi Potret Pelayanan Prima yang dipaparkan oleh Ketua PA Kab. Malang. Dalam presentasinya tersebut, Ketua PA Kab. Malang memaparkan aspek-aspek yang ada di PA Kab. Malang diantaranya adalah kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana dan prasarana, Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP), konsultasi dan pengaduan serta inovasi pelayanan. Setelah pemaparan materi oleh Ketua PA Kab. Malang dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab oleh Tim Kemenpan RB dan dapat dijawab dengan baik oleh Tim PEKPPP PA Kab. Malang.
Tim Kemenpan RB meninjau ruang pojok konseling PA Kab. Malang
Tim Kemenpan RB meninjau buku braile di loket khusus disabilitas PA Kab. Malang
Tim Kemenpan RB meninjau Inovasi Dupatari (Dukcapil Pengadilan Agama Tanpa Ribet) PA Kab. Malang
Acara diakhiri dengan pemantauan sarana prasarana yang ada di PA Kab. Malang dimulai dari fasilitas disabilitas, ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), inovasi PA Kab. Malang seperti Arema Plus Gate System, Arema Plus Card, Arema Plus Mobile, Dupatari (Dukcapil Pengadilan Agama Tanpa Ribet), Audio Text Recorder (ATR) untuk disabilitas, Telescop (Telusur Akta Cerai Ori/Palsu), Inovasi Drive-Thru, Buku Tamu Elektronik, Antrian Sidang dan beberapa inovasi lainnya yang berjumlah 29 Inovasi. PA Kab. Malang terus meningkatkan pelayanan dengan upaya melakukan pembangunan dan perbaikan berbagai aspek terutama 6 aspek yang ada pada PEKPPP. Hal tersebut selaras dengan komitmen PA Kab. Malang sebagai Pengadilan Inklusif dimana memberikan pelayanan prima kepada seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali termasuk kelompok rentan dan penyandang disabilitas.
Foto bersama Tim Kemenpan RB dengan PA Kab. Malang
Berita Terkait: