2017-11-21 13:26:03

Hari Rabu, tanggal 15 November 2017 menjadi hari yang panjang dan melelahkan bagi seluruh Pegawai Pengadilan Agama Kabupaten Malang. Ini tak lain karena adanya Pemeriksaan SAPM (Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu) dari Komite SAPM Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI.

Seluruh jajaran Pengadilan, mulai dari pimpinan, hakim, pejabat struktural dan fungsional serta staf non struktural mengikuti acara pemeriksaan tersebut dengan serius, cermat  dan profesional. Komite Ditjen Badilag yang ditunjuk untuk memeriksa SAPM bidang Sekretariat, Sarana & Prasarana adalah  Hj. Umiyati, S.H. (Kasubdit Tata Laksana Ditjen Badilag), sedangkan SAPM bidang Manajemen dan Kepaniteraan adalah Ketua Tim (Direktur) SAPM PTA Surabaya  Dra. Hj. Zulaecho, M.H. , (Hakim Tinggi PTA Surabaya), Assessor Eksternal SAPM PTA Surabaya H. Syaifuddin Latief, S.H. (Wakil Panitera PTA Surabaya) dan  Hj. Diah Anggraeni, S.H., M.H. (Panitera Pengganti PTA Surabaya). ROmbongan pemeriksa tersebut datang ke Pengadilan Agama Kab. Malang sekitar pukul 13.30 WIB dan langsung memulai sesi pemeriksaan dan penilaian terhadap implementasi SAPM Pengadilan Agama Kabupaten Malang.

            Setelah pemeriksaan menyeluruh selama kurang lebih 2 jam, dengan melihat pada area pelayanan, sarana dan prasarana dan hal-hal lain maka Komite SAPM Ditjen Badilag memberikan arahan kepada pimpinan Pengadilan Agama Kab. Malang agar segera mengumpulkan seluruh pegawai di area rapat guna ekspose lebih lanjut sebagai hasil pemeriksaan. H. Syaifuddin Latief, S.H. selaku pembawa acara menyampaikan susunan acara pada siang itu yakni penandatanganan penyerahan dokumen SAPM disertai berita acaranya dan sambutan-sambutan. Pak Latief juga menyampaikan bahwa tim Komite SAPM Ditjen Badilag bergerak secara bersamaan untuk memeriksa dan melihat ke 10 peserta Pengadilan Agama di lingkungan PTA Surabaya dan PA Kab. Malang merupakan peserta terakhir yang dinilai. Dengan demikian, adanya seremoni yang formil diperlukan karena sebelum-sebelumnya dibeberapa PA yang dikunjungi, Tim SAPM meniadakan acara seperti ini.Beberapa saat kemudian, Ketua Pengadilan Agama Kab. Malang menyerahkan secara resmi dokumen SAPM kepada Komite Ditjen Badilag lalu secara bersama-sama menandatangani proses penyerahan tersebut. Diiringi dengan tepuk tangan meriah dari seluruh pegawai yang hadir, seremoni proses penyerahan dokumen SAPM berjalan degan baik.

Lalu, acara yang kedua adalah sambutan-sambutan. Sambutan pertama datang dari Komite SAPM Ditjen Badilag Hj. Umiyati, S.H. Beliau menyampaikan bahwa seluruh proses penilaian telah selesai dilakukan, dan berharap mudah-mudahan apa yang diperiksa kali ini dapat membawa PA Kab. Malang  lebih maju kedepan. Beliau menyatakan  bahwa Tim Komite SAPM Ditjen Badilag menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya, kepada pimpinan ke 10 (sepuluh) PA peserta SAPM Ditjen Badilag Tahun 2017 dan bila menilik dari kesiapan, proses dan implementasi maka tidak diragukan lagi bilamana Pengadilan Agama Kab. Malang sebagai salah satu peserta SAPM ini dapat dilihat dan diperiksa kapanpun  juga, lanjutnya. Yang perlu dilakukan berikutnya, adalah menjaga, merawat dan saling bahu –membahu dengan arahan pimpinan, tentunya untuk mempertahakan pretasi yang telah ditorehkan. Bu Umiyati juga berpesan kepada semua pegawai, baik Hakim maupun Non Hakim agar mawas diri dan waspada terhadap tantangan dunia Peradilan atas isu sensitif yang seakan menjadi trend bermasalah dengan penegak hukum lain seperti KPK dan lain-lainnya. Dibidang sarana dan prasarana telah menunjukkan kesiapan yang maksimal, mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar dan kesemuanya telah terimplementasi dengan baik hingga Tim Komite SAPM Ditjen Badilag atas nama Dirjen Badilag merasa perlu untuk menyampaikan terimakasih sekali lagi yang sebesar-besarnya atas jerih payahnya selama ini dan Selamat untuk pelaksanaan yang baik khususnya Sarpras yang berhubungan dengan pelayanan, mudah-mudahan kedepan akan lebih baik lagi.

            Sambutan kedua, disampaikan oleh Ketua Tim SAPM PTA Surabaya . Dra. Hj. Zulaecho, M.H. Diawal sambutan beliau memanjatkan rasa Syukur Alhamdulillah karena pelaksanaan pemeriksaaan dan penilaian atas ke 10 (sepuluh) peserta SAPM di Jawa Timur berjalan dengan baik dan sesuai jadwal. dan PA Kab. Malang adalah peserta SAPM yang terakhir untuk dikunjungi. Dari 37 PA di wilayah Jawa Timur, kemudian disaring menjadi 15 PA dan yang lolos sebagai peserta adalah 10 PA. maka, semua ini adalah hasil kerja keras seluruh stakeholder, mulai dari persiapan, proses standarisasi dokumen hingga pelaksaaan dapat berjalan maksimal. Untuk itu, beliau menyampaikan ucapan terimakasih atas segenap Tim Asistensi pendamping PTA Surabaya atas kesigapan dalam membantu mendampingi 10 PA peserta juga terimakasih disampaikan kepada PA Kab. Malang yang betul-betul telah melaksanakan keseluruhan dokumen yang ada di SAPM dengan baik. Harapan kedepan adalah agar semakin sempurna dan menjadi paripurna pelaksanaan standar SAPM di ke 10 PA Peserta dan juga PA lain di wilayah Jawa Timur yang juga menyusul.

Sambutan terakhir, dari Ketua PA Kab. Malang, Dr. Hj. Lilik Muliana, M.H. yang juga mengucapkan syukur Alhamdulillah, bahwa atas arahan, bimbingan, atensi dan asistensi dari Tim SAPM PTA Surabaya yang terus tak kenal lelah mendampingi PA Kab. Malang dalam menyelesaikan tugas-tugas, menstandarkan dokumen-dokumen SAPM secara lebih lengkap sehingga dapat diperiksa dan dinilai tepat waktu untuk kemudian ditelaah dan diserahkan ke Komite SAPM Ditjen Badilag. Sempat pula beliau menanyakan kepada seluruh pegawai apakah siap untuk tetap mempertahankan hal-hal yang sudah bagus dan menetapkan sebagai sebuah sistem peradilan yang sesuai visi, misi maka dijawab dengan siap dengan tegas dan serentak. Diakhir sambutan, Ketua PA Kab. Malang mengucapkan selamat jalan kepada Tim Komite SAPM Ditjen Badilag dan semua Tim SAPM PTA Surabaya dengan do’a  tulus dari seluruh pegawai PA Kab. Malang agar pulang dengan selamat dan tetap sehat wal afiat.

Setelah keseluruhan acara diakhiri dengan bacaan Hamdalah, maka Tim SAPM undur diri dan terlebih dahulu menyempatkan untuk foto bersama seluruh pegawai di depan gedung kantor PA Kab. Malang. Selamat jalan, semoga Tim Komite SAPM Ditjen Badilag dan PTA Surabaya dapat kembali ke tempat tugas dengan selamat tak kurang suatu apapun juga. Aamiin..

Comment


Leave a Comment





Informasi Lainnya


Artikel Lainnya


Sms Layanan