2018-11-23 17:25:18

Selepas sholat Asar, pemandangan Musholla Al Mahkamah Pengadilan Agama Kab. Malang tampak lain dari biasanya. Pada hari Kamis, 22 November 2018 sore hari itu, Pengadilan Agama Kabupaten Malang memperingati hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW 1440 H. atau yang banyak dikenal masyarakat Indonesia dengan sebutan Maulid Nabi. Seluruh keluarga besar tampak hadir di acara tersebut, mulai dari Pimpinan, Ketua, Wakil Ketua, jajaran Hakim, Pejabat struktural dan fungsional juga seluruh karyawan-karyawati serta para Cakim Angkatan III yang magang di Pengadilan Agama Kabupaten Malang.

Acara dimulai dengan seni hadrah Al Banjari dari para santri-santriwati Pondok Pesantren Miftakul Huda Desa Mojosari - Kepanjen bimbingan Gus Sofi yang begitu indah dilantunkan. Sholawat Nabi berkumandang dengan iringan rebana dan tabuh jidor membuat hati terasa sejuk dan damai. Menginjak acara yang kedua, yakni sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Malang, Dr. Hj. Lilik Muliana, MH. yang menyampaikan tentang perlunya untuk selalu menghadirkan nuansa Islami di Kantor Pengadilan, khususnya Pengadilan Agama Kabupaten Malang dan salah satunya adalah dengan merayakan Maulid Nabi secara bersama-sama dengan seluruh komponen keluarga besar Pengadilan Agama Kabupaten Malang sehingga tercipta empati dan rasa kekeluargaan yang tinggi.

Kemudian, acara berikutnya adalah tausyiah dari Drs. H. Ali Ridho, MH. Hakim PA Kab. Malang yang dalam ceramahnya menyampaikan perlunya mengenal diri Rasulullah Muhammad SAW dan meneladani beliau dalam setiap aspek kehidupan karena hal tersebut dapat memberikan banyak manfaat dan diakhirat kelak akan mendapatkan syafaat dari beliau Rasulullah Muhammad SAW. Ada 3 hal yang perlu dilakukan manusia jika ingin hidup bahagia didunia dan akhirat yakni pertama, cintai Allah SWT dengan mengenal-Nya melalui ayat-ayat suci Alquran, dengan tetap istiqomah dalam kebaikan, selalu mentaati segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Hal kedua adalah cintai Rasulullah Muhammad SAW, dengan mengenal beliau lahir batin. Selalu perbanyak sholawat pada Nabi dan salahsatu caranya adalah dengan mengadakan Maulid Nabi sehingga hati menjadi dekat. Hal ketiga, adalah cintai Alam sekitarmu. Cintai alam sekelilingmu termasuk anak manusia dilingkungan kau berada. Kita tidak akan pernah punya musuh dan selalu hidup damai aman dan tentram. Dengan demikian Hal itu akan membawa kita kepada kebahagiaan dunia, lebih2 diakhirat kelak. Acara diakhiri dengan Do’a syukur yang dipimpin oleh Gus Sofi selaku pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Huda.

Comment


Leave a Comment





Informasi Lainnya


Artikel Lainnya


Sms Layanan