Syukuran dan Doa bersama warga Pengadilan Agama Kab. Malang

Selasa, 31 Januari 2017, Pengadilan Agama Kabupaten Malang menyelenggarakan acara syukuran dan doa bersama secara sederhana bertepatan dengan Peresmian Tower Mahkamah Agung RI dan 134 Gedung Kantor Pengadilan. Hal ini sekaligus menandai bahwa Gedung Kantor Pengadilan Agama Kabupaten Malang dan 133 Gedung Kantor Pengadilan lainnya telah benar-benar diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung RI yang acara peresmiannya dipusatkan di Gedung Mahkamah Agung RI, Jl. Medan Merdeka Utara No.9-13 Jakarta Pusat.



Setelah menyaksikan secara langsung (live) Peresmian Tower Mahkamah Agung RI dan 134 Gedung Kantor Pengadilan yang dihadiri oleh Ketua Mahkamah Agung RI dengan mengundang seluruh Ketua dan Sekretaris Pengadilan yang diresmikan, termasuk Ketua dan Sekretaris Pengadilan Agama Kabupaten Malang dan juga menunggu selesainya pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, maka dimulailah acara syukuran tersebut. Acara syukuran dan doa bersama secara sederhana ini merupakan tindaklanjut dari Surat Plt. Sekretaris MA RI. nomor : 22/SEK.PL.01/01/2017 tanggal 17 Januari 2017 tentang Peresmian Tower Mahkamah Agung RI dan 134 Gedung Kantor Pengadilan. Bertempat di Ruang Sidang Utama, acara dipimpin oleh Wakil Ketua, Bpk H. SUPADI, SH, MH., dan dihadiri oleh jajaran Hakim, pejabat struktural maupun fungsional serta seluruh pegawai. Dalam sambutannya, Wakil Ketua memberikan arahan tentang pembinaan Ketua Mahkamah Agung RI pada acara peresmian tersebut bahwa setelah Gedung Kantor Pengadilan ini diresmikan, dan pada kenyataannya semua Gedung Kantor yang diresmikan ini telah mempunyai Gedung Kantor yang megah, namun tak kalah pentingnya seluruh aparat Peradilan yang berada di dalamnya harus mempunyai sifat yang terpuji. Seluruh aparat Peradilan diminta untuk memberikan keteladanan yang baik agar dapat dicontoh oleh semua lapisan masyarakat dan mengingatkan kembali untuk tidak main-main dalam melayani masyarakat pencari keadilan. Apabila dilanggar, sudah pasti akan ada tindakan tegas bagi yang bersangkutan mengingat pentingnya merubah mainset pemikiran dari sekedar minta dilayani menjadi betul-betul melayani.

Pada pernyataan yang lain, Wakil Ketua juga menyinggung bahwa dalam melayani tersebut semua aparat Peradilan haruslah ramah dan baik karena hal tersebut merupakan intruksi dari Ketua Mahkamah Agung RI. dan Mahkamah Agung RI. akan menerapkan Zero Toleransi, bahwa bilamana aparat Pengadilan melanggar bahkan merusak nama Pengadilan, maka oknum aparat tersebut akan ditindak tegas tidak sekali-kali akan mentoleransi perbuatan tersebut dan oleh karenanya diminta sekali lagi kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Kabupaten Malang agar mengindahkan intruksi tersebut dengan sebaik-baiknya.



Setelah sambutan dari Wakil Ketua, acara dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Hakim (Abu Syakur) dan berakhir dengan ramah-tamah tumpengan yang sudah disiapkan sebelumnya.



Selamat kepada seluruh Pengadilan yang telah diresmikan, dan marilah kita berharap bersama agar Pengadilan yang baru diresmikan tersebut dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan sebaik-baiknya dan dapat menegakkan kebenaran dan keadilan dengan seadil-adilnya.


Leave a Comment