Tamu Istimewa dari Jakarta

Hari Kamis, 17 November 2016, Pengadilan Agama Kabupaten Malang kembali kedatangan tamu. Kali ini dari Pengadilan Agama Jakarta Pusat. Rombongan tamu dipimpin langsung oleh Bapak Ketua Drs. H. Moch. Sukkri, S.H., M.H., dan berturut-turut ikut dalam rombongan tersebut adalah Panitera, Sekretaris dan 2 personil IT. Rombongan disambut oleh Bu Ketua, DR.Hj. Lilik Muliana,MH. dan Wakil Ketua serta Sekretaris PA Kab. Malang diruang Ketua. Pertemuan berlangsung begitu akrab dan istimewa dengan sesekali tertawa riang terdengar diantara mereka. Ini karena Ketua PA Jakarta Pusat, dulunya pernah menjabat sebagai Wakil Ketua PA Kab. Malang selama beberapa tahun lamanya sehingga hampir semua pegawai dan beberapa pejabat struktural beliau kenali dengan baik. Beliau telah menjadi bagian dari keluarga besar dan bahkan teladan di PA Kab. Malang karena etos kerja dan kedisipilinannya.



Beliau menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan ke PA Kab. Malang adalah untuk mempelajari lebih dalam mengenai ATR. Kita ketahui bersama bahwa ATR (Audio To Teks Recording) adalah Inovasi Juara milik PA Kab. Malang pada Kompetisi Pelayanan Publik Peradilan 2015 yang digelar oleh Mahkamah Agung RI. pada tahun kemarin. Beliau menambahkan, bahwa PA Jakarta Pusat mendapatkan Anggaran 2017 untuk pembelian alat ATR dan e-SKUM (Juara 2) sehingga untuk itu perlu melakukan pembelajaran lebih awal untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang inovasi dimaksud dan pada akhir sambutannya, beliau menyempatkan untuk memberikan cindera mata kepada PA Kab. Malang yang diterima oleh Bu Ketua didampingi Bpk Wakil Ketua.



Selang tak lama setelah acara penyambutan, bertempat di ruang rapat Pimpinan, Tim IT PA Kab. Malang memulai untuk mempresentasikan Inovasi ATR yang telah dipakai oleh PA Kab. Malang sebagai sebuah jawaban atas tantangan arus transparansi dan akuntabilitas publik karena dengan menggunakan ATR maka setiap pembicaraan dalam proses persidangan akan terekam secara otomatis baik dalam bentuk teks maupun suara (format audio tertentu), dan inilah bukti valid yang riil dan data dukung akurat bilamana masyakarat pencari keadilan merasa membutuhkan ataupun sedang melakukan komplain atas keterangannya dalam persidangan tersebut. Diskusi tanya jawab pun berlangsung dinamis antara tim IT PA Jakarta Pusat dengan PA Kab. Malang. Setelah puas menelisik dan mendapatkan informasi tentang ATR maka di penghujung acara presentasi, tim IT PA. Kab. Malang tentu mengharapkan kritik dan saran yang membangun bilamana dikemudian hari menjumpai sesuatu hal yang mendesak untuk didiskusikan bersama dan apabila dirasa perlu untuk lebih menyempurnakan pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan.

Setelah itu rombongan kemudian berpamitan, dengan terlebih dahulu melakukan ritual tamu PA Kab. Malang yakni foto bersama di halaman depan Gedung PA Kab. Malang. Selamat jalan PA Jakarta Pusat, Semoga sukses selalu.



Leave a Comment