Pelaksanaan Sidang Keliling Pengadilan Agama Kabupaten Malang Tahun Anggaran 2016

Dalam upaya meningkatkan pelayanan terbaik bagi masyarakat pencari keadilan, Pengadilan Agama Kabupaten Malang melaksanakan sidang keliling yang ditempatkan di Kantor Desa Pujon Lor Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Sidang keliling yang dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 28 Oktober 2016 merupakan sidang keliling yang terakhir sepanjang tahun 2016. Pelaksanaan sidang keliling ini diharapkan dapat membantu para pihak berperkara / masyarakat pencari keadilan terutama bagi mereka yang berasal dari kecamatan Pujon Kabupaten Malang mengingat letak kecamatan ini termasuk jauh dari lokasi Pengadilan Agama Kabupaten Malang (lebih kurang 50 km). Rombongan sidang keliling berangkat dari kantor Pengadilan Agama Kabupaten Malang mulai pukul 05.30 WIB dan tiba di lokasi sekitar pukul 08.00 WIB. Setelah berkoordinasi dengan aparat Pemerintahan setempat, sebelum memulai acara persidangan terlebih dahulu dilakukan acara pembukaan (ceremony) yang dipimpin oleh Wakil Ketua PA Kab. Malang , Bapak Drs. H. Supadi, MH.



Dalam sambutannya, Wakil Ketua Pengadilan Agama Kab. Malang menyatakan bahwa tujuan dan maksud Sidang Keliling ini adalah semata-mata bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan mengingat masyakarat yang terkendala oleh jarak, waktu dan transportasi akan sangat terbantu dengan diselenggarakannya Sidang Keliling oleh Pengadilan Agama Kab. Malang pada setiap tahunnya. Beliau menambahkan, bahwa upaya pelaksanaan Sidang Keliling tersebut tentu tidak terlepas dari ketersediaan dana yang ada, namun masyarakat tidak boleh pesimis karena anggaran untuk pelaksanaan Sidang Keliling ini memiliki kecenderungan meningkat dari tahun ke tahun.



Acara sambutan dilanjutkan oleh Kasi Kesos Kecamatan Pujon Kabupaten Malang mewakili Camat Pujon Kabupaten Malang yang pada waktu itu berhalangan hadir, menjelaskan bahwa masyarakat sekarang harus sudah memulai hidup Sadarkum, yakni memiliki kesadaran hukum untuk mengurus segala sesuatunya tepat pada waktunya. Seperti halnya, Akta Nikah atau Akta Kelahiran sehingga tidak memiliki beban tersendiri di masa mendatang. Sesi pembukaan diakhiri doa dari Kepala KUA setempat dan memulai jalannya Sidang tepat pada pukul 09.00 WIB.



Sidang Keliling berjalan dengan baik, lancar dan tidak ada kendala berarti. Sidang berjumlah 38 perkara dengan 2 (dua) Majelis di 2 (dua) ruang sidang berbeda, berakhir sebelum dilaksanakannya sholat Jum’at (lebih kurang pukul 11.05 WIB) sehingga tidak terlalu mengganggu aktifitas, baik masyakarat pencari keadilan, aparatur Pemerintahan maupun aparat Pengadilan yang terlibat langsung dalam pelaksanaan Sidang keliling tersebut.



Leave a Comment